LAPORAN
KULIAH KERJA LAPANGAN
BIDANG
OBSERVASI KELAS
Dibuat
untuk memenuhi tugas laporan kegiatan kuliah kerja lapangan di SD Islam
Sabilillah Malang Jawa Timur
Disusun oleh :
Laila Fajrin 1403096019
PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2016
___________________________________________________________
___________________________________________________________
HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN
KULIAH
KERJA LAPANGAN
SD
ISLAM SABILILLAH MALANG JAWA TIMUR
BIDANG OBSERVASI KELAS
Laila
Fajrin 1403096019
Telah
diajukan pada tanggal 07 September 2016
Laporan Kuliah
Kerja Lapangan (KKL) ini telah diterima untuk mendapatkan sertifikat KKL sebagai prasyarat mengikuti Ujian Komprehensif di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo
Semarang jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Semarang, 07 September 2016
Dosen Pembimbing Ketua Jurusan
Kristi Liani Purwanti, S.Si, M.Pd H. Fakrur Rozi, M.Ag
_________________________________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil’alamin, Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmad dan karuniaNya kami dapat
menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini dengan baik. Ucapan terimakasih tidak lupa kami
sampaikan kepada semua pihak yang telah membimbing dan membantu kami selama
proses observasi dan penyusunan laporan ini.
Mengutip kata pepatah bahwa “Tiada Gading yang Tak
Retak”, kami menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat kekurangan dan
jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami membutuhkan kritik dan saran yang
membangun untuk perbaikan laporan yang telah kami buat. Kami berharap laporan
ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis khususnya.
Semarang,
07 September 2016
Penulis
_________________________________________________________________________________
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan proses mentransfer ilmu pengetahuan dari seorang guru kepada siswa atau murid. Proses ini harus
ditunjang dengan berbagai komponen-komponen pendidikan yang meliputi guru, siswa, sarana prasarana, media pembelajaran, materi pembelajaran, dan lain-lain. Agar proses pentransferan berjalan dengan efektif, efisien, dan menarik maka seorang guru juga
diharuskan dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi kondisi yang ada.
Sebagai pembelajaran sekaligus bekal menjadi seorang guru Madrasah
Ibtidaiyah maka jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Walisongo
Semarang mengadakan kuliah kerja lapangan di SD Islam Sabilillah yang berada di
Malang Jawa Timur.
PELAKSANAAN
KKL
A.
AGENDA
Hari/ Tanggal
|
Waktu (WIB)
|
Kegiatan
|
PJ
|
Ket.
|
Senin, 29 Agustus 2016
Senin, 02 November 2015
|
06.00-07.00
|
Checking peserta
|
Panitia
|
|
07.00-07.30
|
Menunggu Biro Bus Pemberangkatan
|
Panitia
|
||
07.30-18.00
|
Perjalanan ke Hotel Paradise + ISHOMA
|
Panitia
|
||
18.00-19.30
|
Istirahat di
Hotel Paradise
|
Panitia
|
||
19.30-23.00
|
Refresing di BNS (Batu Night Spektekuler)
|
Panitia
|
||
07.00-09.00
|
Persiapan KKL+ Sarapan Pagi
|
Panitia
|
||
09.00-12.00
|
Acara KKL di SD Islam Sabilillah Malang
|
Panitia + Dosen Pendamping
|
||
14.00-15.00
|
ISHOMA
|
All
|
||
15.00-17.00
|
Refresing di Jatim Park 1
|
All
|
||
17.00-18.00
|
ISHOMA
|
Panitia
|
||
Selasa, 03 November 2015
|
18.00-24.00
|
Perjalanan ke Makam Gusdur
|
All
|
|
24.00-04.15
|
Perjalalan pulang + Sholat Subuh
|
All
|
||
05.00-09.00
|
Perjalanan ke Semarang
|
All
|
B.
RINCIAN KEGIATAN
1.
Pra kegiatan :
Sebelum melaksanakan kuliah kerja lapangan jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah mengadakan pembekalan KKL untuk angkatan 2014 pada hari Rabu, 24 September
2016. Acara pembekalan KKL ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB
di gedung dekanat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan lantai 3 UIN Walisongo
Semarang. Setelah ketua jurusan dan sekertaris jurusan membuka dan mengawali
acara pembekalan, turut hadir juga Ibu Asma’ul Husna, M.Ag, M.Pd sebagai
pemantik atau pemateri tentang apa saja yang harus dilakukan saat kuliah kerja
lapangan nantinya.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berangkat KKL
pada tanggal 29-31 Agustus 2016. Seluruh mahasiswa PGMI 2014 sampai di kampus
II pukul 07.00 WIB. Kami yang terdiri dari 3 kelas (A, B, C) dengan jumlah 111
mahasiswa terbagi menjadi tiga bus. Setelah terkondisikan dengan baik, bus
segera melaju menuju Malang pukul 07.30 WIB. Jarak tempuh Semarang – Jawa Timur
di perkirakan 9 jam perjalanan. Sekitar pukul 13.30 WIB kami makan siang dan
sholat dzuhur di sebuah rumah makan di Jawa Timur. Pukul 14.30 WIB mulai
melanjutkan perjalanan menuju kota Batu, sampai di hotel Paradise sekitar pukul
18.00 WIB. Setibanya di hotel Paradise kami makan malam dan dilanjutkan
beristirahat sejenak sambil membersihkan diri di kamar hotel yang telah di
sediakan oleh panitia.
. Pukul 19.30 WIB seluruh mahasiswa sudah berkumpul di depan hotel untuk
menuju tempat wisata BNS (Batu Night Spectakuler). Sebuah tempat permainan atau
pasar malam yang terletak di kota Batu dan lokasinya tidak begitu jauh dari
hotel Paradise. Semua mahasiswa dipersilahkan untuk menikmati berbagai wahana
yang ada di BNS. Sekitar Pukul 23.00 WIB, para mahasiswa kembali ke hotel untuk
beristirahat karena besok akan memasuki acara inti yaitu KKL di SD Islam
Sabilillah Malang.
2.
Proses kegiatan:
Pukul 08.00 WIB seluruh mahasiswa
berangkat menuju tujuan KKL yaitu SD Islam Sabilillah Malang. Setelah sampai
disana, seluruh mahasiswa disambut hangat oleh pihak SD Islam Sabilillah
Malang. Kami di kumpulkan dan diberikan arahan untuk melakukan observasi.
Kelas A mendapat tugas mengobservasi kelas. Kami berkeliling melihat situasi
kelas dan menganalisisnya. Di dampingi oleh salah satu guru sekaligus menjabat
sebagai kepala sekolah di SD Islam Sabilillah Malang.
Setelah
mengobservasi kelas, kami di bagi menjadi dua kelompok untuk mengadakan dialog
interaktif antara pihak SD Islam Sabilillah Malang dengan pihak dosen dan
mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Mereka menjelaskan
gambaran umum tentang SD Islam Sabilillah Malang dan sejarah berdirinya SD
Islam Sabilillah. Setelah pihak SD Islam Sabilillah selesai menerangkan, kami
melakukan sesi tanya jawab.
Setiap proses
pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang berbasis product. Terbukti
pada setiap dinding koridor yang ada disana terdapat hasil buah tangan peserta
didiknya seperti papan komik, dan hasil proses belajar mengajar yang
dilaksanakan. Kurikulum yang dipakai di SD Islam Sabilillah adalah Kurikulum
2013 di tambah dengan muatan lokal yaitu pendalaman 3 bahasa : bahasa Inggris,
bahasa Arab dan bahasa daerah.
SD Islam Sabilillah
merupakan salah satu SD swasta yang sudah memakai sistem sekolah full day
sejak lama, akan tetapi kemasan kegiatannya yang berbeda dengan sekolah yang
lain. Mereka lebih mengutamakan pendidikan karakter pada peserta didik.
Pembelajaran agama yang dilaksanakan mendapat perhatian yang lebih dari pihak
sekolah, mereka memiliki program tahfidz kelas rendah yaitu dari kelas 1
hingga kelas 3 (untuk yang wajib), bagi peserta didik yang ingin meneruskan
menghafal al-Qur’an tetap bisa menghafalkan di kelas tinggi. Sampai sekarang
selalu saja ada 90% peserta didik yang bertahan menghafal hingga lulus. Dalam
melaksanakan program tahfidz ini, pihak sekolah bekerjasama dengan
Pondok Pesantren PIQ Malang.
Selain itu di SD
Islam Sabilillah juga mencanangkan gerakan sekolah bersih, jadi setiap memasuki
kelas para siswa dan guru tidak mengenakan alas kaki (sepatu), mereka di
sediakan rak sepatu untuk meletakkan sepatunya. Setiap kelas juga di fasilitasi
dengan fasilitas yang memadai.
Proses pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang sudah menggunakan
metode pembelajaran yang berbasis IT. Proses pembelajaran berlangsung sekitar
pukul 07.00 WIB yang diawali dengan salam, senyum dan pemberian motovasi untuk
menumbuhkan semangat para siswa dari pihak guru ke murid. Setiap guru dan siswa
di SD Islam Sabilillah harus disiplin dan tepat waktu, karena itu merupakan kunci
utama keberhasilan pembelajaran.
Setiap proses pembelajaran yang
dilakukan di SD Islam Sabilillah Malang selalu melibatkan berbagai pihak
termasuk kedua orang tua siswa. Hal ini diharapkan untuk lebih mudah dalam
proses KBM dan orang tua lebih paham karakter siswa, tidak hanya guru saja.
Komunikasi yang terjalin antara pihak SD degan orang tua pun sangat erat,
mereka memiliki wadah untuk berkomunikasi secara intens.
Di SD Islam Sabilillah Malang tidak mengenal yang namanya PR (Pekerjaan
Rumah) maupun UTS (Ujian Tengah Semester), karena setiap bulan selalu dilakukan
evaluasi terhadap para siswa dan juga gurunya. Mereka menyebutnya dengan
laporan akuntabilitas atau laporan bulanan.
Sehingga selama jangka waktu sebulan, orang tua mengetahui perkembangan anak,
dan guru juga dapat mengakomodir kemajuan anak dalam pembelajaran.
Tidak hanya siswa yang perlu belajar, dari pihak guru juga melakukan
sistem pembelajaran dan selalu mengevaluasi berbagai pembelajaran yang telah
dilakukan, apakah sudah benar atau masih ada yang kurang. Dalam hal ini semua
guru tergabung dalam satu waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tak ayal
dari berbagai kerjasama antara komponen pendidikan di SD Islam Sabilillah
Malang menghasilkan suatu kerja nyata dalam memenangkan berbagai lomba tingkat
Internasional maupun nasional.
ANALISIS
PELAKSANAAN KKL
1.
Proses Pembelajaran
Sekolah Dasar Islam Sabilillah Malang merupakan salah satu dari berbagai
macam sekolah dasar favorit di Malang,
Jawa Timur dan telah memiliki 4 elemen mulai dari tingkat TK, SD Islam, SMP
Islam dan SMA Islam Sabilillah Malang.
Menurut kami, proses
pembelajaran di SD Islam Sabilillah cocok untuk diterapkan di tingkat sekolah
dasar, ditambah lagi dengan adanya ekstrakulikuler pramuka, olahraga dan
kesenian. Materi yang digunakan pun cenderung bersifat mengaktifkan siswa yang dibantu dengan keaktifan
guru pula dalam proses KBM. Tentunya dibarengi dengan berbagai model serta
sarana prasarana yang memadai untuk menunjang kemampuan siswa.
2.
Materi Pembelajaran
Menurut kami, dalam pemberian materi di SD Islam Sabilillah sifatnya
mengajak siswa untuk berperan aktif, penyampaiannya tidak hanya berada di kelas
saja, akan tetapi juga melakukan wisata kunjungan untuk menambah wawasan dan
pengetahuan siswa. Di SD Islam Sabilillah memproduksi sendiri semua hal yang
sifatnya sebagai bahan ajar, seperti LKS, buku pegangan bahasa dan lain
sebagainya.
3.
Metode Pembelajaran
Dalam pembelajaran di SD Islam Sabilillah menggunakan metode
plan-do-evaluation. Sebelum mereka (para guru) melakukan pembelajaran, mereka
menyiapkan tema yang akan disampaikansaja.
4.
Analisis Keseluruhan
Dari seluruh analisis yang kami paparkan diatas, maka kami menyimpulkan
bahwasannya proses pembelajaran di SD Islam Sabilillah sudah mencapai standar,
yakni dimana para peserta dapat memahami materi yang disampaikan guru dan ikut
berperan aktif. Managemen kelasnya dan managemen pembelajarannya pun tertata
dengan baik.
_______________________________________________________________________________
PENUTUP
A. SIMPULAN
Dari penjelasan di
atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan KKL Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) yang berlangsung di Jawa Timur telah berjalan dengan lancar.
B. REKOMENDASI
Untuk kedepannya,
kami berharap kepada seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah untuk dapat menciptakan suatu lingkungan belajar yang kondusif,
efektif dan efisien. Dimana kegiatan tersebut menjadi hal penting yang dapat
menjadi pelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di UIN Walisongo pada
umumnya, dan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada
khususnya.
No comments:
Post a Comment